Penyakit Anemia | Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Penyakit Anemia Bisa Menimpa Siapa Saja, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyakit anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang biasa disebut sebagai hemoglobin (1,2,3). Walaupun umum terjadi, anemia tidak bisa dipandang sebelah mata karena kekurangan sel darah merah akan sangat mempengaruhi distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya jika menderita penyakit ini, salah satu gejala yang sering muncul adalah lemas dan mudah lelah karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen cukup yang dibutuhkan agar bisa bekerja secara normal (1,2)

Parahnya, anemia bisa menimpa siapa saja mulai anak-anak hingga orang lanjut usia, dimana golongan yang lebih rentan terhadap gangguan kesehatan ini adalah ibu hamil, wanita menstruasi, anak-anak dan juga lansia. Apalagi jika dalam keluarga memang terdapat riwayat menderita anemia, Anda punya potensi lebih besar untuk memilikinya juga. Tapi tenang, anemia bukanlah sebuah penyakit yang tidak ada obatnya. 

Dengan memelihara pola makan seimbang dan mengonsumsi multivitamin kaya vitamin B kompleks, zat besi zinc dan berbagai mineral lainnya, anemia bisa dicegah. Berikut ini adalah sejumlah penyebab umum anemia dan cara mengatasinya.

Penyebab Anemia

Anemia yang merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah tidak muncul tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang menjadikan Anda mudah terserang penyakit ini, salah satunya adalah hereditas atau keturunan. Selain diturunkan melalui gen, ternyata ada sebab atau faktor lain yang juga menjadi pemicu, seperti:

1. Kekurangan Zat Besi

Penyebab paling umum dari anemia adalah kekurangan zat besi (3). Zat besi yang merupakan mineral, bukanlah substansi yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga Anda harus mendapatkannya dari sumber luar, misalnya makanan. Beberapa contoh makanan yang kaya zat besi adalah sayur bayam dan hati ayam. Jika kebutuhan zat besi tidak bisa terpenuhi hanya dengan makanan, maka Anda disarankan mengonsumsi multivitamin yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Akan lebih baik jika suplemen tersebut juga dilengkapi dengan beberapa mineral lain yang sama pentingnya bagi produksi sel darah merah dan juga kesehatan tubuh, seperti zinc dan juga mangaan. 

2. Perdarahan

Selain karena kekurangan suatu zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, ternyata anemia juga bisa disebabkan oleh perdarahan dimana tubuh mengeluarkan banyak darah dalam satu waktu, atau sedikit darah namun dalam waktu yang lama. Perdarahan dalam jumlah besar yang dimaksud misalnya karena kecelakaan, operasi atau melahirkan. Untuk perdarahan kecil hingga sedang, beberapa contohnya adalah ketika Anda sedang mengalami menstruasi, menderita penyakit pencernaan yang mengakibatkan darah keluar melalui feses, kanker dan konsumsi beberapa jenis obat-obatan yang memicu tukak lambung (1,2).

3. Penurunan produksi sel darah merah

Anemia juga bisa disebabkan oleh berkurangnya produksi sel darah merah pada tubuh. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, misalnya saja masalah dengan sumsum tulang dimana sel-selnya dapat berubah menjadi sel darah merah. Ketika sel sumsum tulang hanya berjumlah sedikit, otomatis produksi sel darah merah juga tidak bisa maksimal. Beberapa penyakit yang diakibatkan oleh masalah sumsum adalah thalassemia, aplastic anemia dan lead poisoning

Penurunan sel darah merah juga bisa disebabkan oleh sickle anemia dimana bentuk dari sel darah merah yang seharusnya lingkaran, berubah menjadi seperti bulan sabit karena kelainan genetika. Kekurangan asupan vitamin B12 dan B9 atau folat juga bisa lho, menyebabkan Anda menderita anemia jadi pastikan menu makanan yang disantap mengandung vitamin B kompleks tersebut. Terakhir, sel darah merah bisa berkurang jika Anda mengidap penyakit kronis macam kanker, lupus dan gagal ginjal (1,2,3).

4. Kerusakan sel darah merah

Meskipun berada di dalam peredaran darah, nyatanya sel darah merah juga bisa mengalami kerusakan dan memicu anemia jenis hemolitik (1). Kerusakan sel darah merah ini bisa disebabkan oleh  penyakit autoimun atau lupus dimana zat antibodi menyerang tubuhnya sendiri, infeksi, terkena bisa hewan beracun, keracunan makanan, hipertensi, gangguan pembekuan darah hingga masalah pada organ hati dan ginjal (1,3).

Cara Mengatasi Anemia

Seperti yang sudah disebutkan di atas, anemia bukanlah penyakit yang tidak bisa diobati. Tergantung dari jenisnya, anemia dapat ditangani dengan beberapa metode. Jika penyebab anemia adalah defisiensi vitamin atau mineral, maka mengonsumsi multivitamin tinggi B kompleks, mineral dan zat besi dapat meringankannya. Jangan lupa juga untuk memperbaiki pola makan supaya tubuh juga mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari sumber makanan (1,3).

Jika anemia yang dialami adalah jenis hemolitik, pengobatan yang dapat menahan “serangan” antibodi bisa diresepkan oleh dokter. Sedangkan bagi penderita anemia karena perdarahan, operasi dan transfusi darah bisa menjadi opsi jalan keluarnya. Untuk aplastic anemia, selain transfusi darah, pengobatan dan transplantasi sumsum tulang dapat menjadi alternatif (2,3).

Namun, sebelum memutuskan penanganan yang tepat untuk mengatasi anemia, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya tindakan yang diberikan berdasarkan analisa medis dan dapat dipertanggungjawabkan. Sementara itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin, mineral dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan dan produksi sel darah merah. 

L.ID.MKT.CC.06.2021.1689

 

Referensi:

  1. Understanding Anemia Basics diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.webmd.com/a-to-z-guides/understanding-anemia-basics
  2. What to Know About Anemia diakses pada 3 Mei 2021 dari  https://www.medicalnewstoday.com/articles/158800
  3. What’s Anemia? Causes, Nutritional Requirements, and More diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/health/anemia
 
Dapatkan

Tonikum Bayer

Untuk penuhi kebutuhan multivitamin, mineral, dan zat besi.

Produk Tonikum Bayer
Tonikum Bayer

Multivitamin dengan kandungan zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

 

Beli Tonikum Bayer Online

Untuk menghemat waktumu, penuhi kebutuhan multivitamin, mineral,
dan zat besi dari Tonikum Bayer secara online.

Beli Sekarang