Pentingnya Zat Besi bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Pentingnya Zat Besi bagi Tumbuh Kembang Anak

Diantara sekian banyak jenis nutrisi yang dibutuhkan anak untuk bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, zat besi adalah salah satu elemen yang tidak boleh ditinggalkan. Zat besi merupakan mineral yang memiliki fungsi vital dalam proses pertumbuhan buah hati, misalnya saja berperan dalam produksi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, bersama zat yang lain ikut membentuk massa dan kekuatan otot, mempengaruhi pertumbuhan fisik dan syaraf hingga produksi sejumlah hormon (1,2)

Pada anak usia 0 hingga 6 bulan, zat besi biasanya diambil dari ASI yang diminumnya sehingga asupan mineral ini sangat bergantung pada makanan yang Ibu makan. Namun setelah anak belajar makan makanan padat seperti orang dewasa, dia mulai mendapatkan pasokan zat besi dari menunya sendiri sehingga penting untuk lebih selektif dalam memilih makanan yang bisa memenuhi kebutuhannya ini (2).

Perlu diketahui juga bahwa anak membutuhkan jumlah zat besi yang beragam tergantung dari perkembangan dan juga usianya. Untuk bayi berusia 0 sampai 6 bulan misalnya, zat besi yang dibutuhkan adalah 0.27 miligram per hari yang didapatkan dari air susu ibu. Di usia 6 hingga 12 bulan dia memerlukan 11 mg zat besi per hari yang juga dipenuhi lewat makanan lembek dan juga susu formula. Menginjak usia 1 sampai 3 tahun, anak membutuhkan 7 mg per hari dan umum 4 sampai 8 tahun kebutuhannya berubah menjadi 10 mg per hari (2)

Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Anak

Zat besi untuk anak punya peran yang penting karena sedikit banyak mempengaruhi perkembangan sel tubuh dan juga pembentukan sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Dengan mengemban fungsi penting begini, apa jadinya bila anak kekurangan zat besi? Sebagai orang tua Anda harus sering memperhatikan perilaku si Kecil agar bisa mengenali gejala kekurangan zat besi yang mungkin muncul, seperti:

  • lelah
  • tidak nafsu makan
  • badan lemas
  • tidak bersemangat
  • mudah berkeringat
  • pertumbuhan yang lebih lambat (3)

Ketika melihat buah hati menunjukkan tanda-tanda ini, Anda patut curiga dan segera mengambil tindakan misalnya berkonsultasi ke dokter. Semakin cepat defisiensi zat besi terdeteksi akan semakin baik demi mengurangi resikonya.

Resiko Kekurangan Zat Besi Pada Anak

Defisiensi zat besi pada anak tidak bisa dipandang remeh mengingat dia sedang dalam masa emas pertumbuhan sehingga kekurangan satu nutrisi saja akan membuat perkembangannya terganggu. Saat buah hati kekurangan zat besi dalam jangka waktu lama, beberapa resiko ini mungkin terjadi, misalnya saja:

  • Kulit menjadi pucat
  • Berat badan yang menurun drastis
  • Susah konsentrasi
  • Mudah sakit
  • Pertumbuhan terganggu (1,2)

Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi kekurangan zat besi bisa memicu masalah yang lebih besar terutama yang berkaitan dengan sistem imun tubuh (2). Sebagai informasi, zat besi bukan hanya membentuk sel darah merah namun juga berperan dalam meningkatkan dan memelihara kekebalan tubuh jadi jika kurang zat besi buah hati akan lebih rentan terhadap infeksi patogen berbahaya (1)

Daftar Makanan Kaya Zat Besi untuk Anak

Kebutuhan zat besi pada anak berusia di atas satu tahun bisa dipenuhi salah satunya dengan memberikan menu makanan dengan gizi seimbang dan dilengkapi dengan sumber zat besi alami berikut:

1. Daging Sapi

Selain tinggi protein, daging sapi juga mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Supaya lebih aman dikonsumsi pastikan memberi buah hati daging yang sudah dipotong kecil dan dimasak hingga matang (2.3) .

2. Sereal terfortifikasi

Anak-anak yang sudah bisa makan makanan padat boleh sesekali diberikan sereal terfortifikasi karena di dalamnya sudah ditambahkan kandungan zat besi yang dibutuhkan. Jika disajikan dengan susu, bukan hanya zat besi saja yang didapatkannya, namun juga mineral lain seperti kalsium (2).

3. Kacang-kacangan

Bukan rahasia lagi bila kacang memiliki banyak nutrisi mulai dari vitamin dan mineral, termasuk zat besi. Kacang lentil dan kedelai memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi untuk anak-anak (2,3). Anda bisa menyajikan bahan makanan ini dengan cara merebusnya terlebih dahulu (2).

4. Bayam dan brokoli

Sayuran berwarna hijau macam bayam dan brokoli punya segudang zat besi yang dapat menjamin angka kecukupan gizi buah hati. Supaya nutrisinya tidak hilang, disarankan untuk tidak memasaknya terlalu lama hingga lembek (2).

5. Telur

Telur bukan hanya menjadi sumber protein yang murah meriah, namun juga sumber zat besi yang bisa dengan mudah diterima anak-anak karena rasanya yang enak. Meskipun tidak bisa mencukupi kebutuhan zat besi dalam sehari, telur bisa menjadi pelengkap bagi sumber zat besi lainnya (2).

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan asupan zat besi bagi si Kecil. Mengkombinasikan  bahan makanan tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi untuk tumbuh kembang si Kecil. Bila perlu, berikan suplemen makanan yang banyak mengandung seng, mangan, zat besi dan vitamin B kompleks supaya pertumbuhan anak lebih optimal, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjauhkan si Kecil dari bahaya anemia (1,2). Sehingga si Kecil lebih bersemangat menjalani hari-harinya dengan menyenangkan.

L.ID.MKT.CC.06.2021.1689

 

Referensi:

  1. Iron Supplements for Kids diakses pada 9 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/health/parenting/iron-supplements-for-kids#Does-my-child-need-an-iron-supplement?

  2. Iron Rich Foods for Toddlers diakses pada 9 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/health/parenting/iron-rich-foods-for-toddlers#how-much-toddlers-need

  3. Iron Deficiency - Children diakses pada 9 Mei 2021 dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/iron-deficiency-children

 
Dapatkan

Tonikum Bayer

Untuk penuhi kebutuhan multivitamin, mineral, dan zat besi.

Produk Tonikum Bayer
Tonikum Bayer

Multivitamin dengan kandungan zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

 

Beli Tonikum Bayer Online

Untuk menghemat waktumu, penuhi kebutuhan multivitamin, mineral,
dan zat besi dari Tonikum Bayer secara online.

Beli Sekarang