Merasa Lemas & Lesu? Ini Dia Vitamin Yang Sebaiknya Anda Konsumsi

 

Sering Merasa Lemas dan Lesu? Ini Dia Vitamin Yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Sering merasa lemas, lesu dan tidak bertenaga? Hati-hati, itu bisa menjadi gejala anemia, lho. Penyakit anemia adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak memiliki cukup jumlah sel darah merah karena berbagai alasan, misalnya saja sedang menstruasi, operasi, mengidap thalasemia, kelainan pada bentuk sel darah merah dan sebagainya (3). Terlepas dari penyebab di baliknya, selama tidak berada dalam kondisi medis tertentu, rasa lemas dan lunglai tersebut bisa diatasi dengan menjaga asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Menjaga pola makan seimbang tentu saja menjadi salah satu alternatif wajib yang dapat dilakukan. Namun sayangnya, terkadang makanan yang disantap masih belum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Kalau sudah begini akan lebih baik jika Anda juga mengonsumsi suplemen multivitamin secara teratur. 

Eits, tapi jangan asal pilih. Suplemen multivitamin yang dikonsumsi sebaiknya mengandung sejumlah vitamin, mineral dan substansi lain yang memang dapat meringankan gejala anemia di atas. Kira-kira vitamin apa saja ya, yang baik untuk mengatasi badan lemas? Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab Anemia

Anemia yang merupakan kondisi tubuh kekurangan sel darah merah tidak muncul tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang menjadikan Anda mudah terserang penyakit ini, salah satunya adalah hereditas atau keturunan. Selain diturunkan melalui gen, ternyata ada sebab atau faktor lain yang juga menjadi pemicu, seperti:

1. Vitamin B1 dan B2

Vitamin B1 dan B2 masuk dalam kelompok vitamin B kompleks yang secara umum punya fungsi penting dalam mengubah sari makanan dalam darah menjadi energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas (4). Secara spesifik, vitamin B1 dan B2 punya peran yang vital dimana B1 atau thiamin mendukung kerja saraf sedangkan B2 atau riboflavin memelihara kesehatan penglihatan. Sehubungan dengan fungsinya sebagai vitamin untuk badan lemas, B1 dan B2 bekerja secara sinergis untuk memecah nutrisi menjadi bahan bakar energi sehingga Anda jadi tidak mudah merasa lemas dan lunglai. 

2. Vitamin B3

Masih dalam keluarga vitamin B kompleks, vitamin B3 atau niasin memiliki fungsi umum yang sama yaitu memecah sari makanan menjadi energi yang membuat tubuh anti lemas. Di samping itu, B3 juga membantu Anda memiliki sistem pencernaan yang baik dan selera makan yang bagus. Dengan asupan gizi yang dapat masuk ke tubuh dengan lancar dan proses penyerapan nutrisi tanpa hambatan seperti ini, rasa lemas dan tidak bertenaga bisa diminimalkan. Vitamin B3 juga baik untuk membantu perkembangan sel tubuh dimana ketika sel-sel berkembang dan berfungsi dengan baik, rasa lemas lebih jarang muncul dan digantikan dengan stamina yang hebat (4).

3. Vitamin B6

Sedikit berbeda dengan anggota B kompleks lainnya, selain memiliki fungsi dalam pembentukan energi, vitamin B6 juga punya peran dalam menjaga daya tahan tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin B6 setiap hari, imunitas tubuh akan semakin baik sehingga patogen tidak gampang menyerang. Saat tubuh dalam kondisi prima seperti ini, Anda akan merasa lebih bersemangat dan bertenaga. Lelah, lunglai dan lemaspun enggan menghampiri (4).

4. Vitamin B12

Ini dia anggota vitamin B kompleks yang tersohor. Vitamin B12 juga memiliki peran yang sama dalam memecah nutrisi menjadi energi. Namun di samping itu, B12 juga menjaga kesehatan sistem saraf dan sel-sel tubuh serta membantu mencegah anemia yang membuat badan terasa lunglai dan lesu. Oleh karena fungsinya yang memelihara kondisi sel-sel tubuh, vitamin B12 juga secara tidak langsung memiliki andil dalam produksi energi sehingga tubuh menjadi lebih aktif dan berstamina (1).

Selain beberapa jenis vitamin B kompleks di atas, nyatanya tubuh juga perlu berbagai macam mineral agar jauh dari letih, lemah dan lesu. Mineral tersebut adalah:

1. Zat besi

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin, senyawa protein dalam sel darah merah yang bekerja mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika jumlah zat besi dalam darah hanya sedikit, otomatis sel darah merah tidak dapat menyebarkan oksigen dengan baik seperti yang seharusnya sehingga Anda jadi merasa mudah lelah dan lesu atau bisa disebut mengalami anemia (1). Agar tidak kekurangan zat besi, pastikan Anda rajin mengonsumsi sayuran seperti bayam dan juga daging serta ikan (1).  Bila perlu minumlah suplemen dengan kandungan zat besi untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan mineral tersebut sesuai kebutuhan.

2. Zinc

Zinc atau seng bermanfaat untuk meningkatkan ketahan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, virus, bakteri, kuman dan penyebab penyakit lainnya enggan mendekat. Kondisi tubuh yang prima ini membuat Anda merasa lebih fit dan bertenaga (1).

3. Mangaan

Meskipun jarang dibahas, nyatanya mineral mangaan memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Memang kandungan tersebut tidak secara langsung membuat tubuh bertenaga. Namun, mangaan yang memiliki fungsi menjaga kesehatan tulang dan sebagai antioksidan menjamin sel-sek tubuh terpelihara dan produksi sel darah merah tetap normal. Mangaan juga mengatur sistem metabolisme dan penyerapan nutrisi dalam tubuh sehingga Anda merasa lebih bugar (5).

Itulah beragam vitamin untuk badan lemas yang perlu dipenuhi asupannya supaya tubuh tidak lagi merasa lemas dan tidak bertenaga. Agar lebih bugar, lengkapi konsumsi vitamin tersebut dengan mineral yang juga dibutuhkan baik untuk memproduksi sel darah merah maupun menjaga sel-sel tubuh tetap dalam kondisi baik. Kombinasi dua kelompok nutrisi—vitamin dan mineral—biasanya lebih mudah ditemukan dalam bentuk suplemen makanan. Jadi, jangan ragu memilih multivitamin yang mengandung nutrisi lengkap supaya stamina terjaga dan semangat tetap membara.

L.ID.MKT.CC.06.2021.1689

 

Referensi:

  1. Best Supplement for Energy diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/nutrition/best-supplements-for-energy
  2. The Most Effective Vitamins for Boosting Energy diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/326756
  3. What’s Anemia? Causes, Nutritional Requirements and More diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/health/anemia
  4. Symptoms of Vitamin B12 Deficiency diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/health/symptoms-of-vitamin-b-deficiency#vitamin-b-9
  5. 10 Evidence Based Benefits of Manganese diakses pada 3 Mei 2021 dari https://www.healthline.com/nutrition/manganese-benefits#TOC_TITLE_HDR_7
 
Dapatkan

Tonikum Bayer

Untuk penuhi kebutuhan multivitamin, mineral, dan zat besi.

Produk Tonikum Bayer
Tonikum Bayer

Multivitamin dengan kandungan zat besi, kalsium, mangan, zinc, vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12.

 

Beli Tonikum Bayer Online

Untuk menghemat waktumu, penuhi kebutuhan multivitamin, mineral,
dan zat besi dari Tonikum Bayer secara online.

Beli Sekarang