Cek Kepribadian Menurut Golongan Darah

Pernahkah kamu mendengar bahwa kepribadian seseorang sedikit banyak bisa ditebak berdasarkan golongan darahnya? Yup, bukan hanya zodiak, tapi golongan darah disebut dapat mendeteksi watak seseorang. Hal ini bukan karena tanpa alasan, lho. Tokeji Furukawa yang berasal dari Jepang adalah pencetusnya, di mana ia memperkenalkan konsep kepribadian berdasarkan golongan darah ini pertama kali pada tahun 1930-an (1). Wah, ternyata sudah cukup lama juga ya. Kalau kamu masih penasaran tentang hubungan antara golongan darah dengan karakter seseorang, silahkan baca lebih lanjut penjelasannya di bawah ini.

Jenis Golongan Darah

Sebelum kita membahas tentang kepribadian, ada baiknya untuk mengetahui jenis golongan darah dan pembagiannya terlebih dahulu. Ada 4 kategori besar golongan darah, yaitu– A, B, AB dan O. Golongan darah yang kita miliki berasal dari gen yang memang diwarisi langsung dari orangtua. Darah tidak hanya mengandung sel darah merah namun termasuk sel darah putih serta trombosit. Selain itu, di dalam darah juga terdapat antibodi, yang berfungsi sebagai pertahanan alami tubuh kita dan mendeteksi zat asing seperti kuman dan memusnahkannya (2).

Tipe Kepribadian berdasarkan golongan darah

Ketsueki-gata, atau disebut juga dengan ketsueki gata personality, adalah pengelompokkan kepribadian yang ditemukan oleh Tokeji Furukawa (1). Di Jepang, golongan darah dianggap sebagai indikator utama dalam mengenal kepribadian seseorang. Pasalnya, pada tahun 1970-an seorang jurnalis yang tertarik dengan pemikiran Furukawa bernama Masahiko Nomi menerbitkan sebuah buku tentang hubungan antara golongan darah dan kepribadian, hingga akhirnya topik ini ramai diperbincangkan di berbagai media seperti acara TV, lagu dan majalah (3). Berikut ini gambaran besar terhadap pembagian kepribadian berdasarkan golongan darah:

  • Golongan Darah A: Sifat dominan golongan darah A adalah teliti, terorganisir, bijaksana, sabar, serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Namun kekurangannya adalah pemilik golongan darah ini biasanya cenderung keras kepala, mudah sensitif dan kurang rileks dalam kehidupan sehari-hari (1,3)

  • Golongan Darah B: Kelebihan golongan darah B adalah memiliki sifat yang kreatif, aktif bergerak, dan memiliki semangat yang tinggi. Namun bukan berarti golongan darah B tidak memiliki kelemahan. Sifat buruk pemilik golongan darah B di antaranya adalah tidak bertanggung jawab, lebih tega dalam menilai sesuatu dan kadang-kadang tidak memiliki pendirian yang jelas (1).
  • Golongan Darah AB: Sebagai kombinasi dari A dan B, golongan darah AB dianggap memiliki keutamaan seperti mudah mengendalikan emosinya, logis dan dapat beradaptasi dengan mudah di tempat yang baru. Sementara kekurangannya adalah mudah bimbang, cepat bosan, pelupa, dan sering meninggalkan tanggung jawab yang sudah diberikan kepadanya (1,3).
  • Golongan Darah O: Orang dengan golongan darah O memiliki nilai positif seperti mandiri, percaya diri, ambisius, memiliki jiwa kepemimpinan dan insting yang baik. Namun golongan darah O disebut-sebut seringkali memiliki sifat yang jutek, egois, dan penganut hustle culture yang sering bekerja terlalu keras (1,3).

Memilih Pasangan Berdasarkan Golongan Darah

Menurut Ketsueki-gata, beberapa golongan darah lebih cocok dengan golongan darah tertentu. Banyak dating app di Jepang yang saat ini mengharuskan penggunanya untuk menunjukkan golongan darah di profil. Karena tingginya minat masyarakat jepang terhadap golongan darah, ada juga jasa Atarimasse, yaitu jasa yang dapat membantu memberikan nasihat percintaan berdasarkan golongan darah (1,3).

Bahkan tidak hanya itu, sebuah konsultan pernikahan di Tokyo mengumpulkan data statistik pernikahan di Jepang dengan informasi kombinasi golongan darah mana yang dianggap paling langgeng. Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi pasangan yang paling awet adalah (3):

  • Pria bergolongan darah O × Wanita  bergolongan darah A
  • Pria bergolongan darah A × Wanita  bergolongan darah A
  • Pria  bergolongan darah O × Wanita bergolongan darah B
  • Pria  bergolongan darah O × Wanita  bergolongan darah O

Demikian penjelasan terkait kepribadian berdasarkan golongan darah. Kalau kamu menginginkan hasil yang akurat terkait karakteristik, minat dan bakat seseorang, ada baiknya untuk melakukan tes psikologi agar hasilnya lebih akurat. 

Terlepas dari apapun golongan darahnya, pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan zat besi dan mineral setiap harinya. Bila perlu biasakan mengonsumsi multivitamin yang mengandung zat besi agar dapat mencegah risiko terjadinya anemia yang menyebabkan tubuh merasa cepat lelah atau lemah. Dengan cukupnya sel darah merah maka akan membantu butuh dan pikiran untuk kuat serta semangat menjalankan aktivitas sehari-hari.

CH-20220119-19

 

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Walden University. What Your Blood Type Says About You. Walden University USA. Diakses pada 25 Januari 2022 dari https://www.waldenu.edu/programs/health/resource/what-your-blood-type-says-about-you 
  2. National Health Service UK. Blood Groups. NHS UK. Diakses pada 25 Januari 2022 dari https://www.nhs.uk/conditions/blood-groups/ 
  3. Kanae Nakamine. Japanese Blood Types. Tofugu. Diakses pada 25 Januari 2022 dari https://www.tofugu.com/japan/japanese-blood-type/
 
Dapatkan

Tonikum Bayer

Untuk penuhi kebutuhan multivitamin, mineral, dan zat besi.

 

Beli Tonikum Bayer Online

Untuk menghemat waktumu, penuhi kebutuhan multivitamin, mineral,
dan zat besi dari Tonikum Bayer secara online.

Beli Sekarang